Langsung ke konten utama

BKK SMK MAHARDHIKA SURABAYA




Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah  lembaga yang dibentuk untuk mengoptimalkan peran sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam mengurangi pangangguran, yakni berperan dalam menyalurkan alumni/lulusan masing-masing lembaga pendidikan kejuruan khususnya SMK.  

Bursa Kerja Khusus (BKK) diharapkan Dinas Tenaga Kerja menjadi  penghubungkan dengan pengguna tenaga kerja yakni Dunia Usaha/Dunia industri, yang mana  masing-masing lembaga sudah mempunyai Institusi pasangan sejak adanya praktik kerja lapangan (PKL) atau Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Dengan demikian mempermudah pengguna untuk mencari tenaga kerja sesuai dengan bidang masing-masing, sesuai dengan kompetensi lulusan dari masing-masing SMK.

BKK SMK Mahardhika Surabaya
  1. 1.         Pengertian
Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja.

2.         Latar Belakang
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sub sistem pendidikan nasional yang bertanggungjawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja. BKK SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK, karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja. Pemberdayaan BKK SMK merupakan salah satu fungsi dalam manajemen sekolah yaitu sebagai bagian pembinaan terhadap proses pelaksanaan kegiatan BKK SMK yang telah direncanakan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan SMK. BKK SMK merupakan salah satu komponen pelaksanaan pendidikan sistem ganda, karena tidak mungkin bisa dilaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi jika tidak ada pasangan industri/usaha kerja, sebagai lingkungan kerja dimana siswa belajar keahlian dan profesional serta etos kerja sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

3. Sejarah Berdirinya BKK SMK Mahardhika
Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah  lembaga yang dibentuk untuk mengoptimalkan peran sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam mengurangi pangangguran, yakni berperan dalam menyalurkan alumni/lulusan masing-masing lembaga pendidikan kejuruan khususnya SMK. Cikal bakal adanya BKK dimulai tahun  2017sesuai dengan surat tanda daftar nomor pendirian 560/10236/436.7.8/2017 dengan penyuluhan oleh departemen tenaga kerja Kota Surabaya (Dinas Tenaga Kerja).
Bursa Kerja Khusus (BKK) diharapkan bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja untuk mnghubungkan dengan pengguna tenaga kerja yakni Dunia Usaha/Dunia industri, yang mana  masing-masing lembaga sudah mempunyai Institusi pasangan sejak adanya praktik kerja lapangan (PKL) atau Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Dengan demikian mempermudah pengguna untuk mencari tenaga kerja sesuai dengan bidang masing-masing, sesuai dengan kompetensi lulusan dari masing-masing SMK.  Fungsi BKK masih tetap, yakni membina dan menyalurkan lulusan/tamatan untuk memasuki dunia kerja, hanya persyaratan  administrasi mengalami perubahan.

4. Fungsi BKK
Lembaga / Unit yang menjalankan fungsi penempatan untuk mempertemukan antara pencari kerja dan pengguna kerja

5.Tujuan
-          Sebagai wadah dalam mempertemukan tamatan dengan pencari kerja.
-          Memberikan layanan kepada tamatan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing seksi yang ada   dalam BKK.
-          Sebagai wadah dalam pelatihan tamatan yang sesuai dengan permintaan pencari kerja
-          Sebagai wadah untuk menanamkan jiwa wirausaha bagi tamatan melalui pelatihan.

6. Ruang Lingkup Kegiatan
-          Penyusunan database siswa lulusan SMK pencari kerja dan perusahaan pencari tenaga kerja dan penelusuran tamatan siswa SMK.
-          Menjaring informasi tentang pasar kerja melalui iklan di media massa, internet, kunjunagn ke dunia usaha (industri) maupun kerjasama dengan lembaga penyalur tenaga kerja dan Depnakertrans.
-          Membuat leaflet informasi dan pemasaran lulusan SMK yang dikirim kedunia usaha/industri yang terkait Depnakertrans.
-          Penyaluran calon tenaga kerja lulusan SMK ke dunia usaha dan industri.
-          Melakukan proses tindak lanjut hasil pengiriman dan penempatan tenaga kerja melalui kegiatan penjajakan dan verifikasi.
-          Mengadakan program pelatihan ketrampilan tambahan/khusus bagi siswa dan lulusan SMK disesuaikan dengan bidang keahlian yang diperlukan.
-          Mengadakan program bimbingan menghadapi tahapan proses penerimaan siswa dalam suatu pekerjaan (wawancara, psikotest).
-          Memberikan informasi kepada para ALUMNI yang membutuhkan informasi tentang lowongan kerja.
6. Penyaluran Dan Penempatan Tamatan
Adapun pelaksanaan penyaluran dan penempatan tamatan yang dapat dilakukan BKK SMK adalah sebagai berikut :
-          Menindaklanjuti kerjasama dengan industri pasangan yang telah menjadi mitra kerja dengan BKK sekolah.
-          Melakukan penelusuran alumni
-          Menanamkan jiwa enterpreunership kepada siswa melalui pelatihan ketrampilan untuk menjadi seorang wirausaha (enterpreuneur).

7. Kegiatan Utama BKK
-           Memberikan Informasi Pasar Kerja
-           Membantu Pendaftaran Pencari Kerja
-           Memberikan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan
-           Penyaluran dan Penempatan Pencari Kerja
-           Sasaran BKK
-           DU/DI tenaga kerja
-           Program dan Kegiatan BKK

-           Mengoptimalkan Program BKK secara Umum

Sasaran Mutu BKK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Forum Bursa Kerja Khusus (FBKK) di PT.PAL

Selasa, 12 Desember 2017 Adalah pertamakalinya FBKK Kota Surabaya dapat mempertemukan seluruh BKK SMK se-Surabaya, bisa dikatakan sebagai hari penting dalam perjalanan Forum Bursa Kerja Khusus (FBKK) Kota Surabaya dan bisa dilaksanakan di kota SURABAYA. Pada hari tersebut adsalah Pertemuan dengan agenda sosialisasi program FBKK dilaksanakan di SMK Teknik PAL Surabaya, yang mengundang 103 SMK negeri-swasta se-Surabaya dan beberapa pihak terkait seperti MKKS, Kacabdin Kota Surabaya, Ketua Forum Larasdikdudi, serta pihak DUDI dalam hal ini dihadiri oleh perwakilan PT. KOBA MIRAI JAPAN. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala SMK Teknik PAL Surabaya. Dalam sambutannya Ir. Supriyanto menyampaikan kondisi yang ada di SMK Teknik PAL Surabaya terutama letak dari SMK Teknik PAL yang cukup sulit dalam akses masuk. Beliau juga mengucapkan selamat datang bagi seluruh perwakilan dari SMK masing-masing. Sambutan berikutnya adalah dari Ketua MKKS Swast

Lowongan kerja

Just share *LOWONGAN KERJA* Bismillah. Ziyad Garment Produsen Kaos, jaket, kemeja, dll dgn sistem "made by order" yang berlokasi di Surabaya Visi: - Menjadi Perusahaan Konveksi Favorit dan Terbaik di Jawa Timur Misi: - Menciptakan Lingkungan kerja yang *islami dan profesional* Membuka kesempatan berkarir pada posisi: 1. *MARKETING MANAGER* Jobdesk : 1. Ikut aktif menerima order dari Customer 2. Merumuskan strategi marketing perusahaan 3. Memimpin tim front office 4. Siap membantu jika bagian lain dalam perusahaan membutuhkan bantuan Syarat : 1. Pria muslim 2. Usia max 32th 3. Berpengalaman di bidang marketing & memimpin tim 4. Teliti, Jujur, Tanggung Jawab, ramah, & Sopan 5. Istiqomah Sholat Berjamaah 6. Sanggup bekerja dengan baik secara individu maupun tim 7. Tidak merokok 8. Siap bekerja fulltime pkl 08.00-16.00 WIB 2. *ADMIN* Jobdesk : 1. Menerima order dari Customer 2. Mencatat pemasukan & pengeluaran perusahaan 3. Memb